Selamat datang di Kumpulan Materi Kuliah Sistem Informasi

Teknik Analisis Data Penelitian

Tuesday, May 2, 20170 comments

Dalam sebuah metode penelitian, ada satu hal yang pokok yang perlu kita tahu yaitu Teknik Analisis Data Penelitian, dan berikut saya jabarkan secara rigkas dai Teknik Analisis data Penelitian tersebut.

1. Pengolahan data
Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan melalui tahapan sebagai berikut :
a. Edit data (editing)
Data yang telah terkumpul diperiksa dari kelengkapan, kesinambungan dan konsistensinya. 

b. Pengkodean data (coding)
Pengkodean data adalah mengubah data yang berbentuk huruf dijadikan dalam kode angka untuk mempermudah pada saat pemasukan data dan analisis..

c. Pemasukan data (processing)
Setelah melewati pengkodean, maka langkah selanjutnya adalah memperoses data dengan cara memasukkan data ke komputer.

d. Pembersihan data (cleaning)
Tahapan ini merupakan proses validasi data yang dilakukan untuk menyakinkan bahwa data yang dikumpulkan merupakan data yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan penelitian.  

2. Analisa Data
Analisis data dilakukan untuk mengetahui hubungan antara karaktersitik demografi, jumlah anak dan pemeriksaan kehamilan dengan penolong persalinan ibu. Tahapan analisis data yang akan dilakukan adalah analisis univariat, bivariat dan analisis multivariat.
a. Analisis univariat
Analisis univariat dilakukan untuk mendapatkan gambaran masing-masing variabel penelitian. Analisis univariat variabel kategorik dengan distribusi frekuensi atau persentase, sedangkan variabel numerik dengan mean, median dan standar deviasi.

b. Analisis bivariat
Analisis bivariat bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Uji yang digunakan adalah sesuai dengan table di bawah ini dengan dengan menggunakan tingkat kemaknaan α=0.05,
teknik+analisis+data+penelitian



Pemilihan uji statistik Kai-Kuadrat (2) didasarkan pada tujuan penelitian yang telah ditetapkan dan masing-msing variabel independen dan variabel dependen adalah variabel kategorik sesuai dengan definisi operasional penelitian.   Hasil analisis dikatakan ada hubungan yang bermakna jika nilai p-value lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Sebaliknya dikatakan tidak ada hubungan yang bermakna jika nilai p-value lebih besar dari 0,05 (p > 0,05).   

c. Analisis multivariat
Analisis multivariat digunakan melihat variabel independen yang paling dominan berhubungan dengan variabel dependen dalam hal penolong persalinan.  Variabel yang mempunyai nilai p < 0,25 yang diperoleh pada hasil bivariat akan menjadi kandidat untuk analisis multivariat. Uji statistik yang digunakan adalah Multiple Logistic Regression.

Terimakasih sudah mampir di blog saya, follow like and share yah..

Share this article :

ALAT BANTU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Copyright © 2013. Materi Kuliah Sistem Informasi - All Rights Reserved
Template Modified by fajar akbari r
Proudly powered by Blogger