Selamat datang di Kumpulan Materi Kuliah Sistem Informasi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen

Friday, September 26, 20140 comments

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi suatu manajemen terdiri dari dua bagian, yaitu Internal dan Eksternal.

Faktor Internal :
Salah satu faktor yang mempengaruhi suatu manajemen di bagian internal adalah Keterampilan Manajer, karena manajer memiliki 4 kriteria yaitu sebagai berikut :

  1. Keterampilan Konsepsual
    Kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan keseluruhan kepentingan dan kegiatan organisasi.
  2. Keterampilan Kemanusiaan
    Bekerja dengan memahami dan memberi motivasi bagi orang lain atau bawahannya baik secara individu ataupun kelompok.
  3. Keterampilan Administratif
    Dapat menguasai organisasi secara keseluruhan.
  4. Keterampilan Teknik
    Penggunaan alat-alat atau teknik bidang tertentu.

Gambaran Top Manajer dan Manajer Lini
top+manajer+dan+manajer+lini+gambaran+consepsual+skill

Jika kita lihat dari gambar diatas, Top Manajer lebih banyak memiliki ilmu Consepsual Skill dibandingkan Manajer Lini.

Faktor Eksternal Mikro
  1. Pesaing
    Lingkungan persaingan perusahaan tercermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi-organisasi pesaing. Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapinya. Oragnisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga lebih mampu mengoptimalkan operasional-operasionalnya.
  2. Customer
    Strategi, kebijaksanaan dan taktik-taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung situasi pasar dan langganan. Biasanya manajer pemasaran menganalisa profil langganan dan potensial serta kondisi pasar dan mengarahkan kegiatan-kegiatan pemasaran peruasahaan, berdasarkan hasil analisa tersebut.
  3. Pasar Tenaga Kerja
    Organisasi memerlukan sejumlah karyawan dengan bermacam-macam keterampilan, kemampuan dan pengalaman, sehingga organisasi perlu menggunakan banyak saluran untuk menarik dan mendapatkan karyawan tersebut.
  4. Lembaga-lembaga Keuangan
    Organisasi bergantung pada lembaga keuangan, seperti Bank-bank komersial, Banki-bank instansi untuk menjaga dan memperluas kegiatan-kegiatan.
Setiap organisasi sangat bergantung pada sumber-sumber dari sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, bahan pembantu, energi dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi pengeluaran.

Faktor Eksternal Makro
  1. Perkembangan Teknologi
    Dalam setiap masyarakat / industri tingkat kemajuan teknologi memainkan peranan berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang akan digunakan dan bagaimana bermacam-macam operasi akan digunakan dan dikelola.
  2. Variable Ekonomi
    Seorang manajer akan selalu terlibat dengan masalah biaya, sumber daya - sumber daya yang dibutuhkan organisasi. Biaya ini berubah-ubah setiap waktu karena pengaruh faktor-faktor ekonomi.
  3. Lingkungan Sosial Kebudayaan
    Lingkungan sosial kebudayaan suatu masyarakat merupakan pedoman hidup yang menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi dan manajer akan beroprasi. Lingkungan ini mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, kelompok etnis serta agama dan kepercayaan masyarakat tertentu.
  4. Varieble Politik dan Hukum
    Politik dan hukum dalam suatu peiode tertentu akan menentukan operasional perusahaan. Manajer tidak mungkin mengabaikan iklim politik, peraturan-peraturan pemerintah dalam pembuatan keputusan.
Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen suatu kantor atau organisasi, sehingga kita bisa mengetahui dengan apa kita mencapai arah dan tujuan yang akan kita gunakan. Selain itu anda juga harus mengetahui fungsi manajemen yang baik itu seperti apa.
Terimakasih sudah mengunjungi blog saya..

Share this article :

ALAT BANTU

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Copyright © 2013. Materi Kuliah Sistem Informasi - All Rights Reserved
Template Modified by fajar akbari r
Proudly powered by Blogger